KABUPATEN OKU SELATAN

South Sumatra

BANDING AGUNG - SIPATUHU

Kecamatan Banding Agung Desa Sipatuhu terletak di Oku Selatan, Perkebunan Kopi Peninggalan Zaman Belanda ini sudah ada sejak tahun 1800an yang sering disebut Ondermemeng. Memiliki Jenis Kopi Robusta dan Arabica ( baru dalam Pengembangan ) yang 30% sudah diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat.

Luas Perkebunan : 4.300 Ha

Ketinggian : 650-700 Mdpl 

TIGA DIHAJI - KARANG PENDETA

Kecamatan Tiga Dihaji Desa Karang Pendeta terletak di Kabupaten Oku Selatan, Perkebunan Kopi yang Memiliki Jenis Kopi Robusta (Varietas Phoneka & Tugu Sari)  yang 30% sudah diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium Baik Honey atau Natural. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat.

Luas Perkebunan : 2.840 Ha

Ketinggian : 350-650 Mdpl 

KISAM TINGGI

Kecamatan Kisam Tinggi terletak di Kabupaten Oku Selatan, Perkebunan Kopi Memiliki Jenis Kopi Robusta dan Arabica ( dalam Pengembangan ) yang 30% sudah diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium Baik Honey atau Natural. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat.

Luas Perkebunan : 6.150 Ha

Ketinggian : 800-1200 Mdpl 

BUAY RAWAN - PELIWA

Kecamatan Buay Rawan Desa Peliwa terletak di Oku Selatan, Perkebunan Kopi yang Memiliki Jenis Kopi Robusta yang 30% sudah di diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium Baik Honey maupun Natural. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat. disini terdapat Mesin Huller Slavia Peninggalan Zaman Belanda tahun 1850an yang menggunakan Bahan Bakar Solar yang hingga saat ini masih dapat Berfungsi dengan Baik.

Luas Perkebunan : 2.140 Ha

Ketinggian : 250-350 Mdpl 

MEKAKAU ILIR

Kecamatan Mekakau Ilir di Kabupaten OKU Selatan, Perkebunan Kopi yg Memiliki Jenis Kopi Robusta yang 30% sudah di diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium Baik Honey atau Natural. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat.

Luas Perkebunan : 6.980 Ha

Ketinggian : 600-700 Mdpl 

SUNGAI ARE

Kecamatan Sungai Are terletak di Oku Selatan, dikelilingi Perbukitan yang Indah, Nampak Bukit Barisan dari Daerah ini. Perkebunan Kopi yang Memiliki Jenis Kopi Robusta yang 20% sudah di diproses Pasca Panen sesuai Standar Premium Baik Honey maupun Natural. Masih banyak Pula terdapat Pengolahan Pasca Panen Natural yang masih Tradisional turun Temurun sejak zaman dulu karena dianggap Paling Mudah dikerjakan oleh Masyarakat setempat. Sejak tahun 2019 Pengolahan Pasca Panen Kopi Premium sudah Mulai dikembangkan untuk mendapatkan Kualitas yang lebih Baik.

Luas Perkebunan : 3.350 Ha

Ketinggian : 800-1100 Mdpl